Popular Posts

Wednesday 13 November 2013

Manfaat Berjalan

Tulisan ini diambil dari sebuah leaflet yang sebenarnya adalah sebuah tiket bus jurusan bandara Incheon - Wonju, Korea. Leaflet itu memuat beberapa informasi, salah satunya adalah 'The Reason Why Walking Really Helps You to Stay Healthy'. Supaya info ini tidak hilang begitu saja, alangkah baiknya saya tulis ulang di blog ini, mungkin ada manfaatnya. Berikut beberapa faedah dari olahraga berjalan:


Image: http://www.westboylston.com (Gaya berjalan yang benar)

1. Penyakit Jantung
Berjalan secara teratur dapat membakar lemak dan meningkatkan peredaran darah, sehingga menurunkan kemungkinan penyakit jantung hingga 37%. Jantung kita 'menari-nari' ketika kita berjalan.

2. Tulang Keropos (Osteoporosis)
Melatih tulang dan otot secara teratur dengan berjalan mampu menjaga asupan kalsium sehingga mencegah osteoporosis. Ada lelucon, ketika Rihanna berkata 'Shut up and drive', maka katakan 'Shut up and walk' untuk mencegah tulang keropos.

3. Sirkulasi Darah
Berjalan memicu sekresi dopamine yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan mencegah sekresi dari catecholamine yang berfungsi antagonis meningkatkan tekanan darah. Ini akan membuat peredaran darah anda seperti aliran sungai Han di Korea, yang besar dengan aliran yang tenang dan indah.

4. Kegemukan / Obesitas
Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan berjalan secara teratur. Untuk mengurangi 1 kg, kita perlu membakar energi sebanyak 7000 kcal, dimana energi sebesar itu sangat melebihi kebutuhan energi dari sistem tubuh kita, sehingga kita harus membakarnya dengan aktivitas lain seperti berjalan.

5. Diabetes
Pembakaran gula darah secara tepat melalui aktivitas berjalan akan mencegah hyperglycemia (kelebihan gula dalam darah). Cukup memahami batas kemampuan tubuh kita, tidak perlu melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan.

6. Stress
Stress juga merupkan pangkal dari beberapa penyakit. Berjalan membantu anda untuk menyegarkan sistem syaraf kita sehingga mencegah berbagai penyakit berkaitan dengan stress.

Berjalan juga merupakan sebuah pengobatan secara psikologi (psychological remedy). Peneliti di University of Texas at Austin melaporkan bahwa berjalan cepat selama 30 menit dalam satu sesi pada sebuah treatmill mampu memberikan sebuah penyegaran emosi.

Berjalan selama 30 menit mampu membakar energi 71 kcal, sedikit lebih rendah dibandingkan jogging (82.5 kcal). Meskipun membakar energi lebih sedikit, berjalan dinilai lebih efisien karena memungkinkan untuk dilkakukan lebih lama daripada jogging, terutama bagi usia lanjut.

0 comments:

Post a Comment